Grafik dapat di definisikan sebagai
penyajian data berangka, suatu tabel gambar yang dapat mempunyai nilai
informasi yang sangat berfaedah, namun dari grafik yang menggambarkan inti sari
informasi sekilas akan lebih efektif, grafik merupakan keterpaduan yang lebih
menarik dari sejumlah tabulasi data yang tersusun dengan baik, tujuan membuat
garafik adalah untuk memperhatikan perbandingan, informasi kwalitatif dengan
cepat serta sederhana. Ada beberapa macam grafik, dan yang paling umum di
gunakan adalah grafik-grafik garis, batang, lingkaran, atau piring dan grafik
bergambar.
Model adalah abstraksi dari sistem sebenarnya, dalam gambaran yang lebih sederhana serta mempunyai tingkat prosentase yang bersifat menyeluruh, atau model adalah abstraksi dari realitas dengan hanya memusatkan perhatian pada beberapa sifat dari kehidupan sebenarnya. Jadi Model grafik adalah suatu model yang penggambaran entitasnya menggunakan sejumlah garis, simbol, atau bentuk disebut model grafik.
Tools Pendukung dalam Pembuatan Model Grafik Komputer antara Lain :
1.
Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program
ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan pamflet, brosur, booklet,
poster, undangan dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan
teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang
termasuk dalam kelompok ini adalah:
·
Adobe
FrameMaker
·
Adobe
In Design
·
Adobe
PageMaker
·
Corel
Ventura
·
Microsoft
Publisher
·
Quark
Xpress
2.
Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program
yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam
bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program.
Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis
lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
·
Adobe
Illustrator
·
Beneba
Canvas
·
CorelDraw
·
Macromedia
Freehand
·
Metacreations
Expression
·
Micrografx
Designer
·
Inkscape
3.
Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program
yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah
gambar/manipulasi foto (photo retouching). Objek yang diolah dalam
progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang
memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto
terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna
tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga
mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek
yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program
pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk
pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
·
Adobe
Photoshop
·
Corel
Photo Paint
·
Macromedia
Xres
·
Metacreations
Painter
·
Metacreations
Live Picture
4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program
yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam
berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan,
dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus
(special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain
juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini
adalah:
·
Adobe
After Effect
·
Power
Director
·
Show
Biz DVD
·
Ulead
Video Studio
·
Element
Premier
·
Easy
Media Creator
·
Pinnacle
Studio Plus
·
WinDVD
Creater
·
Nero
Ultra Edition
·
Camtasia
5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program
yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya
dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang
sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat
berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian
rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk
dalam kelompok ini adalah:
·
Macromedia
·
Ezedia
·
Hyper
Studio
·
Ovation
Studio Pro
konsep grafis
Desain apapun, misalnya web, brosur, majalah, buku dan lain-lain dibuat dengan memperhatikan prinsip desain grafis sebagai berikut:
Ø Komunikatif. Berhubungan dengan
corporate identity, isi pesan serta audiens. Desain web untuk media berita
seperti koran tidak sama dengan desain web untuk site yang menampilkan karya
seni. Web yang ditujukan untuk anak muda tidak sama dengan web yang ditujukan
untuk orang dewasa atau organisasi. Contohnya anak-anak akan sulit membaca teks
dengan variasi font yang banyak. Semua elemen yang ditempatkan pada halaman web
mempunyai makna tidak hanya sekedar pengisi ruangan.
Ø Estetis. Desain web yang tidak
memperhatikan keindahan biasanya jarang dikunjungi oleh pengguna, karena
pengguna hanya mengunjungi web tersebut sekali saja. Walaupun demikian terdapat
desain yang tidak memerlukan keindahan dengan alasan tertentu, misalnya nama
sudah terkenal sehingga apapun interfacenya tidak akan mempengaruhi audiens.
Keindahan tampilan web akan selalu diingat audiens.
Ø Ekonomis. Desain web harus
memperhatikan faktor ekonomis dalam arti ukuran file yang digunakan. Semakin
berat ukuran sebuah web, maka akan semakin lambat proses loading pada saat
audiens mengakses web tersebut. File animasi yang biasa memiliki ukuran file
berat, meskipun secara estetis memeuhi selera, tetapi jika mengakibatkan
pengunjung menunggu lama, maka web tersebut akan ditinggalkan.
Sumber :
Comments (0)
Posting Komentar