Recent twitter entries...

Jurnal (Part 2)

Pengaruh Sosial Budaya Terhadap Disiplin Ilmu Teknik Informatika



Muhammad Fadillah


Teknik Informatika, Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Kalimalang, Bekasi, 17000, Indonesia




Abstrak

Sosial budaya memiliki peranan penting terhadap disiplin ilmu teknik informatika karena berfungsi sebagai pematok yang membatasi ruang lingkup dari teknik informatika didalam pemanfaatannya dalam berkehidupan bersosial budaya di masyarakat.

Kata Kunci: Masyarakat, Teknik Informatika


1.      Pendahuluan

Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.


2.     Fungsi dan Manfaat Teknologi Informasi dalam masyarakat

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan mengolah, menghasilkan, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data untuk menghasilkan informasi yang berkualitas serta menyebarkannya dalam berbagai bentuk, seperti gambar, text, suara, dan lainnya. Informasi ini harus akurat, relevan, logis, dan tepat waktu yang berguna untuk kepentingan pribadi, bisnis, dan pemerintahan, serta yang lainnya.

Teknologi Informasi berfungsi untuk :

·         Penangkapan/pengumpulan data, meliputi:Mengumpul rekod aktivitas yang bisa digunakan. Contoh alat pembacameteran listrik elektronik. Pemprosesan: proses menukar, menganalisis,penghitungan dan pengsintesisan semua bentuk data atau informasi.Contoh proses nilai, proses gaji, dan sebagainya.
·         Penampilan, yaitu menyusun informasi sebagai teks, suara atau gambar.Contoh laporan prestasi peserta didik pada ujian tengah semester.
·         Setoran/Pangkalan Data, yaitu proses komputer dalam menyimpan datadan informasi untuk digunakan masa yang akan datang. Contohinformasi pelajar.
·         Capaian, maksudnya proses komputer untuk mencari dan menyalin datayang tersimpan untuk pemprosesan selanjutnya. Contoh: bank soal.
·         Pemancaran/penghantaran. Pemancaran/penghantaran data daninformasi dari pada satu lokasi ke lokasi lain. Contoh faks, e-mail.

Manfaat yang dapat diambil dari penggunaan teknologi informasi,diantaranya adalah:

·         Cepat. Satu nilai yang relatif. Komputer bisa melakukan dalam sekedipmata dan lebih cepat dari pada manusia.
·         Konsisten. Komputer cekap melakukan pekerjaan yang berulang secarakonsisten.
·         Jitu. Komputer berupaya mengesan perbedaan yang sangat kecil.
·         Kepercayaan. Dengan kecepatan, kekonsistenan dan kejituan, maka kitadapat memperkirakan bahwa keputusan yang dihasilkannya dapatdipercaya dan hasil yang sama bisa diperoleh berulang kali.
·         Meningkatkan produktivitas.
·         Mencetuskan kreativitas.


3.     Dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:

·         Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet,
·         Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone,
·         Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah, dan lain-lain.

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh, kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:

·         Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
·         Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu.
·         Kerahasiaan alat tes semakin terancam.
Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
·         Kecemasan teknologi
Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.


4.     Kesimpulan

Dapat kita simpulkan, teknik informatika dapat diartikan terknik yang dapat memecahkan masalah transformasi dan pengolahan data, teknologi ini memiliki fungsi dan manfaatnya, yang sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Banyak dampak positif dari teknologi ini, tapi ingat ada sisi negatifnya pula.

Comments (0)

Posting Komentar

Blogroll

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket