Recent twitter entries...

Jurnal (Part 1)


Teknologi Infromasi di Bidang Industri Manufaktur / Jasa


Muhammad Fadillah

Teknik Informatika, Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Kalimalang, Bekasi, 17000, Indonesia

lazy_fadil@rocketmail.com



Abstrak

Program – program yang terdapat disetiap computer dibuat oleh seorang yang disebut dengan programmer atau si pembuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti java, vb, pascal, dan masih banyak lagi. Si programmer pun harus dapat memanfaatkan skill yang dimilikinya agar menghasilkan sesuatu yang dapat berguna baik itu untuk diri sendiri ( biasa disebut penghasilan), maupun untuk orang lain (program yang dibuatnya) , sehingga dapat dikatakan bahwa proses pembuatan program yang dapat memberikan keuntungan bagi si programmer dan si consumer disebut sebagai “Jasa Pembuatan Program”.

Kata Kunci: Pemrograman, Teknologi Informasi


1.     Pendahuluan

Sudah menjadi pandangan yang biasa, pada zaman saat ini teknologi sudah semakin canggih dari waktu - wktu sebelumnya. Dan juga teknologi ini dapat di akses dengan mudah, jadi tidak perlu orang ahli untuk menggunakannya. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Dengan menggunakan komputer ini kita dapat mengetahui informasi - informasi yang terdapat didalamnya, bukan hanya itu, dengan menggunakan komputer dapat memudahkan urusan baik dalam pekerjaan maupun social.


2.     Teknologi informasi

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e, seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.


3.     Peranan Teknologi Informasi di Bidang Industri 

Di bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya Computer Numerical Control (CNC) pengawasan numerik atau perhitungan, Computer Aided Manufacture (CAM), Computer Aided Design (CAD), yaitu industri untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik. Misalkan sebuah mesin serbaguna dalam industri logam sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan jika dibayangkan dikerjakan secara manual akan sangat sulit dikerjakan. Banyak pula industri garmen yang dilengkapi dengan kendali komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat bordir, dan sebagainya.
Selain industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip (microprosesor) pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada perangkat elektronik seperti televisi, radio/tape, vcd/dvd player, dan lain sebagainya. Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain yang telah dikendalikan oleh komputer.


4.     System informasi manufaktur

Sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi, yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa. Istilah lain Sistem Informasi Manufaktur (Mc.Cleod, 1998) 

  • ROP (ReOrder Point), suatu sistem yang berdasarkan keputusan pembelian berdasarkan titik pemesanan kembali (reorder point).

  •  MRP (Material Requirements Planning), suatu sistem yang dapat dipakai untuk merencanakan kebutuhan berbagai bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi. 


  • MRP II (Material Resource Planning), yaitu suatu sistem yang memadukan MRP dengan penjadwalan produksi dan operasi pada bengkel kerja (shop floor operation). 

  •  JIT (Just-in-time), yaitu suatu pendekatan yang menjaga arus bahan baku melalui pabrik agar selalu dalam keadaan minimum dengan mengatur bahan baku tiba di bengkel kerja pada saat diperlukan atau “tepat pada waktunya” (just in time). 

  • CIM (Computer Integrated Manufacturing) merupakan suatu sistem yang menggabungkan berbagai teknik untuk menciptakan proses manufaktur yang luwes, cepat dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan efisien.


5. Teknologi Informasi pada bidang jasa
 
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern. 
Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.


6. Kesimpulan
 Teknologi informasi pada saat ini sudah sangat berkembang, yang dapat di gunakan untuk membantu kita dalam menyelesaikan tugas, memanfaatkanya untuk menjadi penghasilan, dengan cara membuat program - program yang berhubungan dengan teknologi informasi, tapi kita juga harus ingat, memang banyak sisi positif yang kita dapat dalam teknologi saat ini, tetapi ada pula sisi negatif yang di timbulkan dari teknologi saat ini, yaitu kita bisa lupa waktu dan kita dapat mudah menemukan situs – situs pronografi dan lain sebagainya, oleh karena itu alangkah lebih baiknya kita gunakan teknologi saat ini dengan sebaik – baiknya.

Comments (0)

Posting Komentar

Blogroll

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket